Selasa, 29 Juni 2010

Menciptakan remaja mandiri

MENGHADAPI TANTANGAN

Perkembangan zaman yang begitu cepat akan memiliki dampak yang banyak mulai dari dampak sosial, ekonomi, maupun budaya. Perubahan-perubahan yang terjadi tentunya akan menimbulkan tantangan-tantangan yang harus dihadapi.

Remaja yang merupakan salah satu dari bagian generasi muda merupakan anggota masyarakat yang harus dapat mengantisipasi setiap perubahan dan tantangan-tantangan yang muncul akibat dari perubahan zaman.

Masa remaja merupakan masa yang sangat riskan dengan permasalahan-permasalahan yang muncul, baik permaslahan yang muncul dari dalam maupun dari luar. Di lain sisi remaja mau tidak mau harus berhadapan dengan permasalahan bagaimana mewujudkan cita-citanya untuk menghadapi masa depan. Pola-pola kehidupan yang berada di sekitarnya juga merupakan tantangan yang harus dihadapi.

Oleh karena itu, remaja di tuntut untuk bisa menyelesaikan tantangan atau masalah ini dengan mandiri. Kemandirian merupakan hal yang mutlak untuk dimiliki oleh remaja.

Orang yang memiliki sifat kemandirian yang tinggi tentu saja akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Selain itu ia juga cenderung bersifat kritis terhadap hal-hal yang muncul dihadapannya.

Berikut ini adalah beberapa sifat yang ditimbulakan oleh orang yang mempunyai kemandirian:

1. Kemantapan diri

Aspek ini menyangkut rasa percaya diri terhadap kemampuan dirinya sendiri, menerima diri apa adanya, dan puas dengan usaha yang ia lakukan sendiri.

2. Inisiatif

Aspek ini melahirkan seseorang untuk menimbulkan cara berfikir dan bertindak secara kreatif sehingga bisa menimbulkan inovasi-inovasi baru.

3. Progresif dan ulet

Aspek menunjukan seseorang untuk mengejar prestasi dengan penuh ketekunan, merencanakan serta mewujudkan harapan-harapannya.

4. Bebas

Hal ini menunjukan dengan tindakan yang dilakukannya adalah tindakan atas kehendak dirinya sendiri bukan dari orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar